INFORMASI UMUM
Identitas Sekolah |
: |
1. Satuan
Pendidikan : UPTD SMPN 4 Kota Kupang 2. Tahun
Pelajaran : 2022/2023 3. Kelas : VII (Tujuh)) 4. Alokasi
waktu : Durasi 5 Pekan/10 Jam Pelajaran/ 5 pertemuan |
Kompetensi
Awal |
: |
Belum
mampu membaca Q.S
an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 sesuai kaidah ilmu tajwid,
khususnya hukum bacaan alif
lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah |
Profil Pelajar Pancasila |
: |
Beriman,
Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
Berakhlak Mulia dan Bernalar kritis |
Sarana dan Prasarana |
: |
1.
Alat dan bahan: laptop, LCD projector, speaker
active, laptop, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), handphone,
kamera, kertas karton, spidol warna, atau media lain 2.
Al-Qur’an dan Terjemahnya 3.
Kondisi kelas yang kondusif |
Target Peserta didik |
: |
1.
Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna
dan memahami materi ajar, berjumlah……. Orang 2.
Peserta didik dengan kesulitan belajar: Kurang percaya
diri:………….orang Sulit
kosentrasi:………..orang Kesulitan memahami
materi:………….orang Masa bodoh……………orang Kurang pendengaran ………….orang Kurang penglihatan………..orang Dsb…. 3.
Peserta didik dengan berbagai gaya
belajar: Audio:………orang Visual:………orang Kinsetetik……….orang 4.
Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan
cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki
keterampilan memimpin, berjumlah.........orang |
Model Pembelajaran |
: |
Pembelajaran
tatap muka |
KOMPETENSI INTI
Fase CP |
: |
D |
Capaian
Pembelajaran |
: |
CP Elemen Al-Quran dan Hadits: Pada
akhir fase D, Peserta didik memahami definisi Al-Qur’an dan Hadis Nabi dan posisinya
sebagai sumber ajaran
agama Islam. Peserta didik juga memahami pentingnya pelestarian alam dan lingkungan sebagai bagian yang tidak
terpisahkan dalam ajaran
Islam. Peserta didik juga mampu
menjelaskan pemahamannya
tentang sikap moderat
dalam beragama. Peserta didik juga
memahami tingginya semangat keilmuan
beberapa intelektual besar
Islam. |
Tujuan
Pembelajaran |
: |
1.
Melalui pembelajaran tutor sebaya, peserta didik dapat
membaca Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah
ilmu tajwid, khususnya hukum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām
qamariyyah. 2.
Melalui pembelajaran demonstrasi/praktik, peserta didik
dapat menghafal Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah
tajwid. 3.
Melalui pembelajaran inquiry, peserta didik
dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisā/4:59 & Q.S.an-Naḥl/16:64 tentang kedudukan
hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku
semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis. 4.
Melalui pembelajaran berbasis produk, peserta didik
membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an
dalam Simple Mind Lite. |
Pemahaman Bermakna |
: |
1. Peserta
didik dapat membaca Q.S
an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16:
64 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya hukum bacaan alif
lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah. 2. Peserta
didik dapat menghafal Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah
tajwid. 3. Peserta
didik dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 tentang
kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku
semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis. 4. Peserta
didik dapat membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an
dalam Simple Mind Lite. |
Pertanyaan
Pemantik |
: |
Guru mengajukan
pertanyaan tentang: Apa definisi al-Qur’an? Apa perbedaan antara
sunnah, hadis, khabar, dan atsar? Apa fungsi hadis terhadap al-Qur’an? Mengapa
hadis penting dipelajari? Bagaimana kandungan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64 diterapkan dalam kehidupan? Karakter apa yang harus
dimiliki untuk mendalami al-Qur’an dan hadis?(Guru bisa mengembangkan). |
Materi |
: |
Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 dan
hasits terkait |
Persiapan
Pembelajaran |
: |
1.
Memastikan semua sarana prasarana, alat,
dan bahan tersedia 2.
Memastikan kondisi kelas kondusif 3.
Mempersiapkan bahan tayang 4.
Mempersiapkan lembar kerja siswa |
Langkah-langkah
Pembelajaran |
: |
1.
Guru meminta peserta didik untuk mengamati Infografis.
Infografis bab 1 menyajikan
garis besar materi tentang Al-Qur’an dan Hadis sebagai Pedoman Hidup. 2.
Guru memberikan penjelasan tambahan apabila peserta
didik belum memahami infografis. 3.
Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk membaca
Pantun Pemantik. Pada Bab 1, Pantun Pemantik berisi pantun teka teki
untuk mendukung pemahaman
bermakna pada topik yang dibahas. 4.
Setelah membaca Pantun Pemantik peserta didik diminta
menuliskan pesan dari pantun di
atas. 5.
Guru meminta peserta didik untuk membaca rubrik Mari
Bertafakur yang berisi tentang
uraian Al-Qur’an menjadi petunjuk penjelas dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan. 6.
Setelah membaca rubrik Mari Bertafakur, peserta didik
diminta untuk menulis pertanyaan sebagaimana pada tabel sebagaimana
yang ada di Aktivitas 2 kemudian menyerahkan pertanyaan tersebut
pada teman yang ada di
sampingnya untuk dijawab. 7.
Guru memberikan penguatan terhadap isi dari rubrik
tersebut. 8.
Setelah itu guru memberikan kata kunci topik yang akan
dibahas. Kata kunci terdapat pada rubrik Titik Fokus. Guru dapat
menggali lebih dalam mengenai pemahaman peserta didik terhadap kata kunci
dengan beberapa pertanyaan.
Hal ini dilakukan agar peserta didik dapat membandingkan pemahaman awal
mengenai kata kunci dengan hasil pembelajarannya, sehingga mendorong
pembentukan pengetahuan baru bagi peserta didik. 9.
Kemudian guru meminta peserta didik untuk mulai
membahas materi pelajaran dan kegiatan-kegiatan di dalamnya pada rubrik
Ṭalab al-‘Ilm. 10.
Metode yang diterapkan untuk mencapai capaian
pembelajaran pada Bab 1 ada 4 metode yang dibagi pada 5 pekan
pertemuan yaitu:
Pertemuan
ke-1 Model Tutor Sebaya 1.
Materi dibagi dalam dua sub materi. Materi 1 : Q.S an-Nisā/4: 59. Materi 2: Q.S.
an-Naḥl/16: 64. 2.
Membentuk kelompok peserta didik yang beranggotakan 4-5
orang dari: Kelompok 1, 3, dan
5: membaca Q.S an-Nisā/4: 59 sesuai kaidah ilmu tajwid, khususnya
hukum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah. Kelompok 2, 4, dan
6: membaca Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah ilmu tajwid,
khususnya hukum bacaan alif lām syamsiyyah dan alif lām qamariyyah. 3.
Peserta didik yang pandai tersebar pada setiap kelompok
dan berperan sebagai tutor sebaya. 4.
Tiap kelompok mempelajari materi dipandu tutor sebaya. 5.
Guru tetap berperan sebagai narasumber. 6.
Kesimpulan dan klarifikasi.
Pertemuan
ke-2 Model Praktik/Demonstrasi 1.
Menyiapkan alat dan bahan yang akan dipraktikkan. 2.
Guru mempraktikkan secara langsung memberikan contoh
hafalan Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah tajwid di depan peserta didik. 3.
Peserta didik menirukan atau mempraktikkan dengan
menghafal Q.S an-Nisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah tajwid sesuai dengan yang dipraktikkan oleh guru dengan bimbingan
guru. 4.
Secara berulang-ulang peserta didik menghafalkan Q.S
an-Nisā/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai kaidah tajwid. 5.
Secara bergantian peserta didik menunjukkan hafalannya
di depan guru.
Pertemuan
ke-3 Model Pembelajaran Inquiry 1.
Mengisi arti kata Q.S. an-Nisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64. 2.
Identifikasi masalah yaitu kandungan Q.S. an-Nisā/4:
59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64. tentang kedudukan hadis terhadap
Al-Qur’an. 3.
Merumuskan hipotesis atau pertanyaan kandungan Q.S
an-Nisā/4:59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 tentang kedudukan hadis
terhadap Al-Qur’an. 4.
Mengumpulkan data tentang kedudukan hadis terhadap
Al-Qur’an dari berbagai sumber
belajar. 5.
Menganalisis dan mengiterpretasikan data. 6.
Mengambil kesimpulan.
Pertemuan ke-4 Model
Pembelajaran Inquiry 1.
Identifikasi masalah yaitu perilaku semangat dalam
mengamalkan Al-Qur’an dan hadis. 2.
Merumuskan hipotesis atau pertanyaan mengenai perilaku
semangat dalam mengamalkan
Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari. 3.
Mengumpulkan data tentang perilaku semangat dalam
mengamalkan Al-Qur’an dan hadis. dalam kehidupan sehari-hari dari
berbagai sumber belajar. 4.
Menganalisis dan mengiterpretasikan data. 5.
Mengambil kesimpulan.
Pertemuan
ke-5 Model Pembelajaran
Berbasis Produk 1.
Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan tentang Simple
Mind Lite. 2.
Membuat membuat karya berupa peta konsep definisi hadis
dan fungsinya atas
Al-Qur’an dalam simple mind lite. 3.
Mempresentasikan hasil produk. 4.
Mengevaluasi pengalaman saat membuat produk dan bersama melakukan refleksi.
Guru meminta peserta didik untuk membaca rubrik Ikhtisar untuk mengetahui poin-poin
penting materi yang dibahas. |
|
||
Metode
Pembelajaran Diferensiasi |
|
Penanganan
pembelajaran terhadap peserta didik yang kesulitan belajar, peserta didik yang kecepatan belajarnya tinggi (variced),
serta memperhatikan keberagaman karakter peserta didik. Pada kelas yang
bersifat heterogen, terdapat peserta didik dengan berbagai macam kompetensi.
Ada yang mengalami kesulitan menguasai sebuah topik pembelajaran, namun
ada pula yang memiliki kecepatan belajar. 1.
Penanganan untuk peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar, guru dapat
menerapkan teknik bimbingan individu atau menggunakan tutor sebaya untuk membimbing
peserta didik sehingga dapat mencapai capaian pembelajaran. 2. Penanganan untuk
peserta didik yang memiliki kecepatan belajar, guru dapat memberdayakan
mereka menjadi tutor sebaya atau memberikan pengayaan yang bersumber dari sumber belajar yang beragam. |
Metode |
|
1.
Tutor Sebaya 2.
Praktik/Demonstrasi 3.
Pembelajaran Inquiry 4.
Pembelajaran Inquiry 5.
Pembelajaran Berbasis Produk |
Sumber Belajar |
|
a. Sumber belajar: 1)
LPMQ. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Jakarta: Kementerian Agama RI 2)
Rudi Ahmad Suryadi dan
Sumiyati. 2020. PAI dan Budi Pekerti
Kelas 7. Jakarta: Kemdikbud RI 3) Zaenal Abidin,. 2020. Fiqh Ibadah. Yogyakarta: CV. Deepublish b. Sumber belajar lain yang relevan: 1)
Ibnu Qayyim al-Jauziyah. 2018. Hikmah
dan Rahasia Sholat (e-book), dalam
Google Play Book. a. Materi Tambahan pada Aplikasi Digital Siswa PAI dengan Barcode Khusus
(sesuai Buku Siswa) |
Asessment |
|
1.
Refleksi Sikap berbentuk penilaian diri yang dikemas dalam rubrik 2.
Asesmen diagnostik, sebelum pembelajaran berupa pertanyaan kepada siswa sesuai perilaku profil Pancasila. (terlampir) 3.
Asesmen formatif selama proses pembelajaran, berupa penugasan penemuan informasi dan
hasil diskusi(terlampir) |
Pengayaan dan
Remedial |
: |
1.
Pengayaan: Peserta didik yang
sudah mencapai ketuntasan belajar selanjutnya dapat mengikuti kegiatan
pengayaan berupa pendalaman materi dengan membaca rubrik Selangkah
Lebih Maju. 2. Remedial: Peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar berdasarkan kriteria ketuntasan minimal
yang ditetapkan diharuskan mengikuti kegiatan remedial. Langkahnya guru menjelaskan kembali materi
tentang Al-Qur’an dan Sunah Sebagai Pedoman Hidup”. Remedial dilaksanakan
di luar jam pelajaran pada waktu tertentu sesuai permasalahan yang
perlu dilakukan remedial dan perencanaan penilaian. |
Interaksi
dengan Orang Tua/Wali |
: |
1.
Komunikasi dengan orang tua/wali adalah hal penting
yang harus dilakukan agar peserta didik mampu mencapai capaian pembelajaran.
Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain menggunakan media online. 2.
Guru bekerja sama dengan orang tua dalam membimbing
peserta didik untuk membiasakan tadarus (membaca Al-Qur’an secara
rutin) di rumah. 3. Hal ini penting,
agar keterampilan membaca Al-Qur’an yang telah diperoleh di sekolah terus
terlatihkan dan terbiasakan. 4. Guru dapat
mengembangkan komunikasi dengan orang tua baik pada isi maupun teknik
lainnya. |
Refleksi Peserta
Didik |
|
Peserta
didik diajak untuk melakukan refleksi terkait seluruh
proses belajar yang sudah dialami 1. Materi apa yang sudah
kalian fahami? 2. Materi apa yang menarik
bagi kalian? 3. Materi apa yang belum
kalian fahami? 4. Masihkah ada kesulitan dalam belajar? |
Refleksi Guru |
|
Aktivitas refleksi
pada buku ini memuat tiga macam rubrik yaitu Inspirasiku dan Aku Pelajar
Pancasila. Implementasi aktivitas refleksi sebagai berikut: 1.
Guru meminta peserta didik membaca kisah inspiratif
dalam rubrik Inspirasiku. 2.
Guru membimbing peserta didik untuk mengklarifikasi dan
menyebutkan nilai penting yang terkandung dalam Inspirasiku. 3.
Guru meminta peserta didik menyimpulkan hikmah dari
kisah inspiratif sebagai bentuk refleksi diri. 4.
Selanjutnya guru meminta peserta didik untuk membaca
rubrik Aku Pelajar Pancasila
dan melakukan refleksi diri terkait dengan profil tersebut. |
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Refleksi
Sikap
Mari kita introspeksi diri, perilaku apa yang sudah kita
lakukan berhubungan
dengan materi di atas? Untuk introspeksi diri, isilah kolom berikut ini pada lembar kerja
yang telah disediakan oleh guru!
Nama : ……………………………
Kelas : ……………………………
Semester : ……………………………
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
dengan jawaban yang jujur.
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1 |
Menghormati
mushaf Al-Qur’an. |
|
|
2 |
Berupaya
mengikuti sunah Rasulullah saw.
dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
3 |
Semangat
mempelajari Hadis dan
mengamalkannya dalam kehidupan seharihari. |
|
|
4 |
Menghafalkan
Hadis walaupun jumlahnya
tidak banyak. |
|
|
5 |
Terlibat
dalam kajian-kajian ilmu agama. |
|
|
Berilah tanda centang (√) pada
kolom (setuju), (kurang setuju), atau (tidak setuju) sesuai dengan keadaan sebenarnya.
No |
Pernyataan |
Jawaban |
||
Setuju |
Kurang Setuju |
Tidak Setuju |
||
1 |
Mencintai
keluarga, saudara, sahabat
sebagaimana dicontohkan oleh Nabi
saw, dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
2 |
Menyampaikan
ajaran agama walaupun
sedikit. |
|
|
|
3 |
Bertutur
kata dengan lemah lembut
dalam kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
4 |
Menyelesaikan
suatu permasalahan
yang timbul dalam kehidupan sehari-hari secara kekeluargaan. |
|
|
|
5 |
Menaati tata
tertib sekolah |
|
|
|
Asesmen Diagnostik
Berilah tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak”
dengan jawaban yang jujur.
No. |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
1. |
Kebiasaan membaca al-Quran di rumah |
|
|
2. |
Kebiasaan membaca dan mempelajari Hadits di
rumah |
|
|
3. |
Pengetahuan tentang ilmu takwid |
|
|
4. |
Hafalan
Q.S. an-Nisā’/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64
sesuai kaidah tajwid. |
|
|
5. |
Kebiasaan membaca al-Quran di rumah |
|
|
Asesmen Formatif
1)
Tujuan Pembelajaran 1:
Melalui pembelajaran tutor sebaya, peserta didik dapat membaca Q.S an-Nisā’/4:59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 sesuai
kaidah ilmu tajwid,
khususnya hukum bacaan Alif Lām
Syamsiyyah dan Alif Lām Qamariyyah
Bacalah ayat Al-Qur’an di bawah
ini kemudian beri tanda centang (√) pada
kolom
yang disediakan sesuai kemampuanmu. Isilah kolom tersebut dengan jujur!
Qs. An-Nisa 59
Kemampuan Membaca Q.S.an-Nisā’/4: 59
|
Sangat Lancar |
Lancar |
Sedang |
Kurang Lancar |
Tidak Lancar |
|
|
|
|
|
QS. An-Nahl:64
Kemampuan Membaca Q.S.an-Naḥl/16: 64
|
Sangat Lancar |
Lancar |
Sedang |
Kurang Lancar |
Tidak Lancar |
|
|
|
|
|
Penerapan Alif
Lām ( ال ) Syamsiyyah
dan Alif Lām ( ال ) Qamariyyah
Q.S. an-Nisā’/4: 59 |
Hukum Bacaan Alif Lām Syamsiyyah |
Hukum Bacaan Alif Lām Qamariyyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Q.S.an-Naḥl/16: 64 |
Hukum Bacaan Alif Lām Syamsiyyah |
Hukum Bacaan Alif Lām Qamariyyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
Selain kedua hukum bacaan di
atas, tulislah hukum bacaan lain yang ada
pada
kedua ayat di atas berikut kalimatnya!
Hukum Bacaan |
Kalimat |
|
|
Penilaian Membaca Q.S. an-Nisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64
No |
N a m a |
Aspek yang dinilai |
Jumlah
Skor |
Skor
Akhir |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1. Makhārij al-ḥuru̅f 2. Ṡifat huru̅f 3. Aḥkām al-ḥuru̅f 4. Aħkām al-mad
wa al-qaṡr 5. Murā’ah
al-kalimah wa al-ayat
|
Skor penilaiannya: 5 = sangat lancar 4 = lancar 3= sedang 2 = kurang lancar 1 = tidak lancar Skor Maksimal: 25 Skor Minimal: 5 |
Jumlah skor Skor akhir :
------------------------------- x100 Jumlah skor maksimal |
Penilaian Penerapan Alif Lām Syamsiyyah dan Alif Lām
Qamariyah.
Ayat |
Hukum Bacaan Alif Lām Syamsiyyah |
Hukum Bacaan Alif Lām Qamariyah |
Hukum bacaan lain yang ada pada kedua ayat di atas sebagai berikut:
2) Tujuan Pembelajaran 2: Melalui pembelajaran praktik, kalian dapat menghafal Q.S. an-Nisā’/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16: 64 sesuai
kaidah tajwid.
Hafalkan kedua ayat di atas dengan baik dan benar. Untuk
mengukur kemampuanmu, isilah
kolom berikut ini sesuai tingkat hafalan!
Kemampuan Hafalan |
Lancar |
Kurang Lancar |
Tidak Lancar |
Q.S. an-Nisā’/4: 59 |
|
|
|
Q.S. an-Naḥl/16: 64 |
|
|
|
Penilaian Menghafal Q.S. an-Nisā/4: 59 dan Q.S.
an-Naḥl/16: 64
No |
N a m a |
Aspek yang dinilai |
Jumlah
Skor |
Skor
Akhir |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: 1. Makhārij al-ḥuru̅f 2. Ṡifat huru̅f 3. Aḥkām al-ḥuru̅f 4. Aħkām al-mad
wa al-qaṡr 5. Tamām al
Qira’at |
Skor penilaiannya: 3 = lancar 3 = kurang
lancar 1 = tidak lancar Skor Maksimal: 15 Skor Minimal: 3 |
Jumlah skor Skor akhir :
------------------------------- x100 Jumlah skor maksimal |
3) Tujuan Pembelajaran 3: Melalui pembelajaran inquiry, peserta didik dapat menjelaskan
kandungan
Q.S. an-Nisā’/4: 59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 tentang
kedudukan
Hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan Hadis.
Rubrik Penilaian |
Skor |
Jika siswa menjelaskan dengan baik dan
lengkap kandungan Q.S. an-Nisā’/4:59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 tentang
kedudukan Hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku
semangat dalam mengamalkan
Al-Qur’an dan Hadis. |
4 |
Jika siswa menjelaskan cukup baik dan cukup
lengkap kandungan Q.S. an-Nisā’/4:59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 tentang
kedudukan Hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku
semangat dalam mengamalkan
Al-Qur’an dan Hadis. |
3 |
Jika siswa menjelaskan kurang baik dan
kurang lengkap kandungan Q.S. an-Nisā’/4:59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 tentang
kedudukan Hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku
semangat dalam mengamalkan
Al-Qur’an dan Hadis. |
2 |
Jika siswa menjelaskan tidak baik dan tidak
lengkap kandungan Q.S. an-Nisā’/4:59 dan Q.S. an-Naḥl/16:64 tentang
kedudukan Hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga dapat menampilkan perilaku
semangat dalam mengamalkan
Al-Qur’an dan Hadis. |
1 |
TOTAL SKOR |
|
4) Tujuan
Pembelajaran 4: Melalui
pembelajaran berbasis produk, kalian dapat membuat karya berupa peta konsep definisi
Hadis dan fungsinya atas
Al-Qur’an
dalam Simple Mind Lite.
Buatlah peta konsep definisi sunah dan fungsinya atas
Al-Qur’an dengan desain yang
menarik (diutamakan
menggunakan aplikasi Simple Mind
Lite).
Rubrik Penilaian |
Skor |
Jika siswa membuat dengan baik karya berupa
peta konsep definisi Hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite. |
4 |
Jika siswa membuat dengan cukup baik karya berupa
peta konsep definisi Hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite. |
3 |
Jika siswa membuat dengan kurang baik karya berupa
peta konsep definisi Hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite. |
2 |
Jika siswa membuat dengan tidak baik karya berupa
peta konsep definisi Hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite. |
1 |
TOTAL SKOR |
|
Mengerjakan
soal Pilihan Ganda pada halaman 20 di buku teks siswa.
Rubrik Penilaian |
Skor |
Jika siswa dapat menjawab soal
dengan benar. |
1 |
Jika siswa salah menjawab soal. |
0 |
TOTAL SKOR |
|
Mengerjakan
Uraian pada halaman 21 di buku teks siswa.
Rubrik Penilaian |
Skor |
Jika siswa dapat mengerjakan soal
dengan benar. |
2 |
Jika siswa salah menjawab soal. |
1 |
Jika siswa tidak menjawab soal. |
0 |
TOTAL SKOR |
|
Nilai akhir diperoleh dengan menggabungkan nilai pilihan ganda dan uraian dibagi 3.
Nilai = 10 + 20 = 30 = 10
3 3
Refleksi Karakter Profil
Pelajar Pancasila
Setelah mempelajari materi Al-Qur’an dan Sunah sebagai
Pedoman Hidup, sebagai
manusia Indonesia yang beriman dan mengamalkan Pancasila, siswa diharapkan
mampu membentuk karakter yang lebih bermutu. Sebagai refleksi diri, silahkan isi tabel
berikut ini tanda centang (✓) sesuai dengan
keadaan
sebenarnya.
No |
Karakter yang Diharapkan |
Mampu |
Belum Mampu |
1 |
Mencintai
pada ilmu pengetahuan. |
|
|
2 |
Terbiasa
menjalankan perintah agama
sebagai penerapan dari ilmu. |
|
|
3 |
Terbiasa
memberi kemudahan/ kelapangan
bagi orang lain. |
|
|
4 |
Mandiri dan
senantiasa menggali potensi
diri. |
|
|
5 |
Berpikir
kritis dan senantiasa ingin mencari
tahu. |
|
|
6 |
Semangat
dalam mencari dan mengembangkan
ilmu pengetahuan. |
|
|
7 |
Hormat dan
patuh pada guru. |
|
|
8 |
Tawakal atas
semua hasil yang diperoleh. |
|
|
Catatan
penting:
Apakah
kalian sudah memiliki karakter-karakter tersebut? Hal apa yang menjadi penghambat kalian untuk
menjadi pribadi yang berkarakter?
Sebaiknya
mulailah dari diri kita sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai dari sekarang untuk membentuk
karakter diri menjadi pribadi yang lebih berkualitas.
Interaksi dengan Orang Tua/Wali
Rubrik Tadarus
Nama Peserta Didik : …..
Kelas : …..
No |
Hari Tanggal |
Surat |
Ayat |
Tandatangan Orang Tua/Wali |
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
BACAAN GURU DAN
PESERTA DIDIK |
1.
LPMQ. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Jakarta: Kementerian Agama RI 2.
Rudi Ahmad Suryadi dan
Sumiyati. 2020. PAI dan Budi Pekerti
Kelas 7. Jakarta: Kemdikbud RI 3.
Zaenal Abidin. 2020. Fiqh Ibadah.
Yogyakarta: CV. Deepublish
|
GLOSARIUM |
1.
Metode Penyingkapan
2.
Metode every one is teacher. 3.
Metode Product
|
DAFTAR PUSTAKA |
1.
LPMQ. 2019.
Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Kementerian Agama RI 2.
Rudi Ahmad Suryadi dan Sumiyati. 2020. PAI dan Budi Pekerti Kelas 7. Kemdikbud RI 3.
Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’an. 2020. Qur’an Kemenag. Jakarta:
Kementerian Agama RI, dalam https://quran.kemenag.go.id/ 4.
Zaenal Abidin,. 2020. Fiqh Ibadah.
Yogyakarta: CV. Deepublish |
Kupang,
11 Juli
2022
Mengetahui Kepala Sekolah
Susy Aprijanti,
S.Pd NIP. 1972040920023122004 |
Guru Mapel PAI
Abdulchalid
Badarudin, S.Ag, M.PdI NIP.19770416.2009.03.1.005 |
Saran Kepala Sekolah :
....................................................... ............................................................................................................
....................................................... ............................................................................................................
....................................................... ............................................................................................................
....................................................... ............................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar