MENYUSUN ASESMENT DIAGNOSTIK
Oleh:
Abdulchalid Badarudin, S.Ag, M.PdI
(GPAI
SMP Negeri 4 Kupang)
ASESMENT DIAGNOSTIK
KOGNITIF: bertujuan untuk:
1.
Mengidentifikasi capaian
kompetensi peserta didik,
2.
Menyesuaikan pembelajaran
di kelas dengan kompetensi rerata siswa,
3.
Memberikan kelas
remedial atau pelajaran tambahan pada siswa yang nilainya di bawah rerata.
NON-KOGNITIF: bertujuan untuk:
1. Mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa,
2. Mengetahui aktivitas siswa selama belajar dirumah,
3. Mengetahui kondisi keluarga siswa,
4. Mengetahui gaya/cara belajar siswa,
5. Mengetahui minat dan bakat siswa,
6. Mengetahui kegemaran siswa,
7. Mengetahui siswa berkebutuhan khusus, rusak pendengaran, rabun
jauh, sulit kosentrasi/fokus, kurang percaya diri, masa bodoh, kesulitan
memahami materi,
8. Mengetahui kesulitan belajar siswa
9. Mengetahui Peserta didik dengan
pencapaian tinggi, mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai
keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin
10. Mengetahui
latar belakang pergaulan siswa,
11. Mengetahui karakter siswa.
ALAT/BAHAN: angket,
wawancara, studi kasus, pengamatan.
Asesmen Diagnostik Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan yang
dilakukan pendidik sebelum menyusun pembelajaran. Cara menyusun dan
melaksanakannya dituangkan di panduan pembelajaran dan asesmen yang dikeluarkan
oleh Pusasjar.
Pusasjar atau Pusat Asesmen dan Pembelajaran di bawah Badan
Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristek. Balitbangbuk sudah
bubar dan diganti Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).
Panduan ini dikeluarkan untuk mendukung program sekolah
penggerak. Dimana Program tersebut menjadi piloting penerapan kurikulum
merdeka. Sebelumnya bernama pembelajaran dengan paradigma baru.
Tujuan Asesmen Diagnostik Kurikulum
Merdeka
Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi
kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik. Hasilnya digunakan pendidik
sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran peserta didik.
Dalam kondisi tertentu, informasi terkait latar belakang
keluarga, kesiapan belajar, motivasi belajar, minat peserta didik, dll, dapat
dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan pembelajaran.
Tahapan penyusunan asesmen diagnostik
kurikulum merdeka
Asesmen diagnostik kurikulum merdeka dapat disusun dengan tahapan
berikut:
1.
Menganalisis
laporan hasil belajar (rapor) peserta didik tahun sebelumnya.
2.
Mengidentifikasi
kompetensi yang akan diajarkan.
3.
Menyusun
instrumen asesmen untuk mengukur kompetensi peserta didik. Instrumen asesmen
yang dapat digunakan antara lain yaitu:
·
Tes
tertulis/lisan dan/atau
·
Keterampilan
(produk, praktik)
·
Observasi
4.
Bila
diperlukan menggali informasi peserta didik dalam aspek: Latar belakang
keluarga, motivasi, minat, sarana dan prasarana belajar, serta aspek lain
sesuai kebutuhan peserta didik/sekolah.
5.
Pelaksanaan
Asesmen dan pengolahan hasil.
6.
Hasil
diagnosis menjadi data/informasi untuk merencanakan pembelajaran sesuai tahap
capaian dan karakteristik peserta didik.
Waktu Pelaksanaan
Pendidik dapat melaksanakan asesmen diagnostik sesuai kebutuhan,
misalnya sebagai berikut:
1.
Pada
awal tahun pelajaran
2.
Pada
awal lingkup materi
3.
Sebelum
menyusun modul ajar secara mandiri
Tahapan melaksanakan asesmen diagnostik
non-kognitif adalah:
1.
Persiapan
2.
Pelaksanaan
3.
Tindak Lanjut
CONTOH INSTRUMEN ASESMENT DIAGNOSTIK
INSTRUMEN DIAGNOSTIK
NON KOGNITIF (GAYA
BELAJAR PESERTA DIDIK)
Petunjuk
Pengerjaan:
Baca
dengan seksama urian kuisioner di bawah ini
Pilihlah
salah satu jawaban A/B/C sesuai dengan kecenderungan Anda
Naskah
Soal
Nama
Peserta Didik |
: |
…. |
Kelas |
: |
…. |
No.
Absen |
: |
…. |
Hari/Tgl |
: |
…. |
KUISIONER |
PILIHAN
JAWABAN |
|
No |
|
|
1. |
Ketika
berbicara, kecenderungan gaya bicara saya…. A.
Cepat B.
Berimana C.
Lambat |
|
2. |
Saya…. A.
Mampu merencanakan dan mengatur kegiatan
jangka Panjang dengan baik. B.
Mampu mengulang dan menirukan nada,
perubahan, dan warna suara. C.
Mahir dalam mengerjakan puzzle, teka-teki,
Menyusun potongan-potongan gambar |
|
3.
|
Saya
dapat mengingat dengan baik informasi yang…. A.
Tertulis di papan tulis atau yang diberikan
melalui tugas membaca. B.
Disampaikan
melalui penjelasan guru, diskusi, atau rekaman C.
Didberikan dengan cara menuliskan
berkali-kali. |
|
4.
|
Saya
menghafal sesutu…. A.
Dengan membayangkannya B.
Dengan mengucapkannya denga suara yang keras C.
Sambal berjalan dan melihat-lihat keadaan
sekeliling. |
|
5.
|
Saya
merasa sulit…. A.
Mengingat perintah lisan kecuali jika
dituliskan B.
Menulis tetapi pandai bercerita C.
Duduk tenang untuk waktu yang lama |
|
6.
|
Saya
lebih suka…. A.
Membaca daripada dibacakan B.
Mendengar daripada membaca C.
Menggunakan model dan praktek atau praktikum |
|
7. |
Saya
suka…. A.
Mencoret-coret selama menelepon,
mendengarkan music, atau menhhadiri rapat B.
Membaca kras-keras dan mendengarkan
music/pembicaraan C.
Mengetuk-ngetuk pena, jari, atau kaki saat
mendengarkan music/pembicaraan |
|
8. |
Saya
lebih suka melakukan…. A.
Demontrasi daripada berpidato B.
Diskusi dan berbicara Panjang lebar C.
Berolahraga dan kegiatan fifik lainnya |
|
9.
|
Saya
lebih menyukai…. A.
Seni rupa daripada music B.
Music dari seni rupa C.
Olahraga dan kegiatan fisik lainnya |
|
10. |
Ketika
mengerjakan sesuatu, saya selalu…. A.
Mengikuti petunjuk dan gambar yang
disediakan B.
Membicarakan dengan orang lain atau
berbicara sendiri keras-keras C.
Mencari tah cara kerjanya sambal
mengerjakannya |
|
11. |
Kosentrasi
saya tergantung oleh…. A.
Ketidakaturan atau Gerakan B.
Suara atau keributan C.
Kegiatan di sekeliling |
|
12. |
Saya
lebih mudah belajar melalui kegiatan…. A.
Membaca B.
Mendengarkan dan berdiskusi C.
Praktek atau praktikum |
|
13. |
Saya
berbicara dengan…. A.
Singkat dan tidak senang mendengarkan
pembicaraan Panjang B.
Cepat dan senang mendengarkan C.
Menggunkanan isyarat tubuh dan
Gerakan-gerakan ekspresi |
|
14. |
Untuk
mengetahui suasana hati seseorang, saya…. A.
Melihat ekspresi wajahnya B.
Mendengarkan nada suara C.
Memperhatikan gerakkan badannya |
|
15 |
Untuk
mengisi waktu luang, saya lebih suka…. A.
Menonton televisi atau menyaksikan
pertunjukkan B.
Mendengarkan radio, music, atau membaca C.
Melakukan permainan atau bekerja dengan
menggunakan tangan |
|
16. |
Ketika
mengerjakan sesuatu kepada orang lain, saya lebih suka…. A.
Menunjukkannya B.
Menceritakannya C.
Mendemonstrasikannya dan meminta mereka
untuk mencobanya. |
|
LEMBAR ANALISIS DAN
REKOMENDASI
Nama
Peserta Didik |
: |
…. |
|
NIS |
: |
…. |
|
KELAS |
: |
…. |
|
|
|||
Skor yang diperoleh |
Jumlah
Jawaban A |
:
…… |
|
Jumlah
Jawaban B |
:
…… |
||
Jumlah
Jawaban C |
:
…… |
||
Kesimpulan
Hasil Tes dan Rekomendasi |
|||
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah A |
Memiliki
kecenderungan gaya belajar VISUAL, dan
akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila memanfaatkan kemampuan
visual. |
||
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah B |
Memiliki
kecenderungan gaya belajar AUDITORI, dan
akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila mempelajari materi dengan
mendengarkan baik melalui penjelasan langsung dari guru, diskusi dengan guru
dan teman, maupun melalui rekaman materi. |
||
Apabila
jawaban yang paling banyak adalah C |
Memiliki
kecenderungan gaya belajar KINESTETIK, dan
akan mencapai prestasi belajar yang optimal apabila terlibat langsung secara
fisik dalam kegiatan belajar dan mengajar. Harus mampu mengutak-atik dan
memanipulasi materi atau media yang digunakan dalam memahami materi. |
||
Apabila
jawaban A dan B sama banyak |
Memiliki
gabungan gaya belajar VISUAL dan AUDITORI, Ada hal tertentu akan
efektif jika menggunakan gaya belajar Visual, dan ada hal lain yang akan
efektif jika menggunakan gaya belajar Auditori. Bahkan kadang jika kedua gaya
belajar digunakan akan lebih optimal. |
||
Apabila
jawaban A dan C sama banyak |
Memiliki
gabungan gaya belajar VISUAL dan KINESTETIK, Ada hal tertentu akan
efektif jika menggunakan gaya belajar Visual, dan ada hal lain yang akan
efektif jika menggunakan gaya belajar Kinestetik. Bahkan kadang jika kedua
gaya belajar digunakan akan lebih optimal. |
||
Apabila
jawaban B dan C sama banyak |
Memiliki
gabungan gaya belajar AUDITORI dan KINESTETIK, Ada hal tertentu akan
efektif jika menggunakan gaya belajar Auditori, dan ada hal lain yang akan
efektif jika menggunakan gaya belajar Kinestetik. Bahkan kadang jika kedua
gaya belajar digunakan akan lebih optimal. |
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar