MODUL
PROJEK
PENGUATAN
PROFIL PELAJAR PANCASILA
“Bangunlah Jiwa Raganya”
(Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas Bangsa
Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng)
Oleh; Abdulchalid Badarudin, S.Ag, M.PdI
GPAI SMP Negeri 4 Kota Kupang
Kelas VII
Mapel Kolaborasi Kelas VIIA-VIIK
SMP NEGERI
4 KOTA KUPANG
2022
MODUL
PROJEK
PENGUATAN
PROFIL PELAJAR PANCASILA
Tema |
: |
Bangunlah Jiwa Raganya |
Topik Projek |
: |
Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa
Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng |
Kolaborasi |
: |
Kelas VIID-VIIG |
A. INFORMASI UMUM
1.
Identitas |
: |
Mapel Kolaborasi Nama Institusi Kelas Alokasi
Waktu |
: : : : |
Kelas VIID-VIIG SMPN 4 Kupang VII 36 JP |
2. Sarana dan Prasarana |
: |
Berita, artikel,
video |
||
3. Target peserta didik |
: |
Peserta didik pada kelas
reguler |
4. Relevasi Tema dan Topik Projek:
Bulliyng merupakan sebuah
perilaku agresi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang melalui
secara sengaja dan berulang dengan tujuan agar orang lain merasa tidak nyaman
maupun hingga menimbulkan dampak buruk lain seperti cedera secara psikologis,
fisik, dan sosial.
Tindakan Bulliyng tersebut jelas bertentangan dengan norma dan nilai-nilai
kemanusiaan. Dalam upaya menghindari perilaku Bulliyng tersebut maka segenap
jiwa dan raga siswa harus dibangun melalui penanaman nilai-nilai Pancasila
sehingga memengaruhi segenap jiwa,
pikiran,
perasaan, dan perbuatannya. Dalam rangka menanamkan nilai-nilai Pancasila pada
siswa tersebut, maka dapat dilakukan kegiatan studi lapangan. Dari kegiatan
tersebut siswa dapat mempraktekkan teori-teori yang diperoleh dalam kelas.
Selain itu dapat menghayati bagaimana kerja keras dalam menghasilkan suatu
produk terkait pencegahan perilaku Bulliyng di lingkungan sekolah.
B. KOMPONEN INTI
1. Deskripsi Singkat Projek:
Menyelamatkan Masa
Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng, menjadi salah projek yang menarik untuk
dilakukan sebagai aktivitas pembelajaran berbasis membangun jiwa
dan raga siswa untuk
membentuk Profil Pelajar Pancasila. Projek ini mengikuti tiga tahapan yaitu:
a.
Inspirasi
(inspiring): guru dan siswa akan
menjalani pengalaman nyata yang berhubungan dengan Pencegahan
Perilaku Bulliyng mulai dari kegiatan berinteraksi langsung dengan guru
dan teman-teman di kelas yang lain, menggali informasi tentang bahaya/dampak perilaku Bulliyng serta kebutuhan informasi lainnya yang
memberikan inspirasi, gambaran dan pemahaman bersama antara guru dan siswa.
b.
Cipta
(creating): guru dan siswa belajar bersama membuat
poster tentang Perilaku Bulliyng dan menulis opini terkait Pencegahan Perilaku Bulliyng
dimana guru dan siswa berkolaborasi dalam penyusunannya.
c.
Dedikasi: guru dan siswa akan mempresentasikan dalam bentuk karya nyata berupa poster dan
opini melalui kegiatan
selebrasi dan didedikasikan kepada komunitas yang membutuhkan. Opini
tersebut dipublikasikan melalui media sebagai kampanye anti Bulliyng.
2. Dimensi
dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila:
Dimensi |
Elemen |
Sub Elemen |
Dimensi 1: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak
Mulia |
o Akhlak
beragama o Akhlak
kepada sesama manusia |
a.
Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa: Memahami kehadiran Tuhan
dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau
sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan
yang bertanggung jawab. b.
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan
menghargai perbedaan: Mengenal
perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang
tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai
perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. c. Berempati
kepada orang lain: Memahami
perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah
dikenalnya. |
Dimensi 2: Bergotong Royong |
o
Kolaborasi o
Kepedulian o
Berbagi
|
a. Kerjasama: Menyelaraskan tindakan sendiri
dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan
kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain
untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. b. Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama:
Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan
kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi
semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.
c. Saling ketergantungan positif: Mendemonstrasikan
kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan
dan kekurangannya masingmasing perlu dan dapat saling membantu memenuhi
kebutuhan. d.
Koordinasi
Sosial: Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga
tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama. e. Tanggap terhadap lingkungan Sosial: Tanggap
terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan
berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. f.
Persepsi
social: Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain
menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang
lain menampilkan respon yang diharapkan. g.
Memberi
dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama:
Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat
yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal.
|
Dimensi 3: Kreatif |
o Menghasilkan
gagasan yang orisinal o Menghasilkan
karya dan tindakan yang Orisinal o Memiliki
keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
|
a.
Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi
atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif
untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. b.
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya
dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan
dampaknya bagi orang lain. c.
Menghasilkan solusi alternative dengan mengadaptasi
berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan. |
3. Tujuan Spesifik Untuk Fase Tersebut:
Melalui projek ini, siswa diharapkan
berproses melalui pengalaman belajarnya untuk
mencapai 3
dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Bergotong
Royong dan Kreatif serta capaian kompetensi pada tema Bangunlah Jiwa Raganya.
4. Pertanyaan Pemantik:
o Apa yang kalian tau
tentang perilaku bully?
o Bagaimana dampak perilaku
bully dalam kehidupan?
o Bagaimana cara menghindari
dari perilaku bully?
o Bagaimana
cara kamu mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa?
o Bagaimana
cara kamu mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan?
o Bagaimana
cara kamu berempati kepada orang lain?
o Bagaimana
cara bekerjasama dalam satu
kelompok?
o Hasil karya apa saja yang paling kamu sukai?
o Kemajuan apa yang paling kamu
inginkan dalam merubah
dirimu?
5. Alur Kegiatan Projek Secara Umum
a. Pengenalan |
: |
Guru mata pelajaran berkolaborasi untuk: 1)
Mensosialisasikan
materi Projek P3 (pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan projek P3). 2)
Memperkenalkan tema
projek. 3)
Memperkenalkan
elemen dan sub elemen projek. |
b. Kontektualisasi
|
: |
Guru mata pelajaran berkolaborasi untuk: 1) Mengeksplorasi dan menggali materi terkait
bagaimana menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa
melalui pencegahan perilaku Bulliyng. 2) Menganalisis nilai-nilai positif bagi
sekolah dan masyarakat tentang upaya penyelamatan masa depan generasi emas bangsa melalui pencegahan perilaku Bulliyng. 3) Melakukan presentasi materi terkait menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa
melalui pencegahan perilaku Bulliyng. 4) Menentukan jenis produk yang akan dikerjakan peserta
didik. Peserta didik: Melakukan riset secara kelompok mengenai
perilaku Bulliyng dan dampaknya, termasuk nilai-nilai positif bagi sekolah
dan masyarakat.
|
c. Aksi
|
|
1)
Peserta didik
dibawah bimbingan guru
menyusun proposal/rencana kegiatan projek. 2)
Peserta didik
mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. 3)
Mengerjakan projek
dibawah bimbingan pendidik (di tempat yang disudah disepakati. 4)
Projek dikerjakan
sesuai jadwal yang sudah ditentukan. |
d. Refleksi |
|
Guru
dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek. |
e. Tindak lanjut |
|
Berdasarkan
hasil refleksi, guru dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap
projek yang sudah dilaksanakan |
6. Langkah-langkah Kegiatan Projek
Perkenalan
Waktu : 4 JP
Bahan : Berita, artikel, video
Peran Guru: Fasilitator
Kegiatan |
Aktifitas Mengaitkan P3 |
Guru menyiapkan beberapa artikel tentang dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila terkait tema dan topik yang akan
dipelajari |
- |
Guru menyiapkan beberapa artikel
tentang tema dan topik yang akan dipelajari. |
- |
Guru memperkenalkan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan projek P3). |
Dimensi
1,2,3
|
Guru memperkenalkan tema projek. |
|
Guru
memperkenalkan dimensi,
elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila terkait tema dan topik yang akan dipelajari. |
|
Guru
memberikan penguatan tentang dimensi, elemen
dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila terkait tema
dan topik yang akan dipelajari |
|
Guru
memperkenalkan tema Bangunlah Jiwa Raganya dan topik Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa
Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng |
|
Guru
memulai dengan menanyakan kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang Perilaku Bulliyng. Beberapa pertanyaan pemantik yang dapat diberikan: (a)
Apa yang kalian tau tentang Perilaku Bulliyng? (b) apa dampak buruk dari Perilaku Bulliyng? |
Dimensi
1 |
Guru
mengajak siswa untuk mencari informasi melalui google dengan kata kunci Perilaku Bulliyng. |
Dimensi
3 |
Guru
membagi siswa kedalam kelompok untuk berdiskusi bersama. |
Dimensi
2 |
Siswa
dalam kelompok berdiskusi dan menuliskan tentang informasi yang ia dapatkan tentang
Perilaku Bulliyng. |
Dimensi
1,2,3 |
Siswa
dalam kelompok berdiskusi dan menuliskan tentang nilai-nilai Pancasila dalam mencegah Perilaku
Bulliyng |
Dimensi
1,2,3 |
Guru memberikan penguatan |
Dimensi
1,2,3 |
Refleksi |
- |
Remedial bila diperlukan |
- |
Penutup |
- |
Kontekstualisasi
Waktu : 14 JP
Bahan : Berita, artikel, video
Peran Guru: Fasilitator
Kegiatan |
Aktifitas Mengaitkan P3 |
Guru mengeksplorasi dan menggali materi terkait
bagaimana menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa
melalui pencegahan perilaku Bulliyng. |
- |
Melakukan presentasi materi terkait menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa
melalui pencegahan perilaku Bulliyng. |
Dimensi
1,2,3 |
Aksi
Waktu : 18 JP
Bahan : Berita, artikel, video
Peran Guru: Fasilitator
Kegiatan |
Aktifitas Mengaitkan P3 |
Guru mempersiapkan
jadwal kunjungan ke seluruh siswa di kelas lain untuk melakukan wawancara
terkait perilaku Bulliyng. |
- |
Guru bersama siswa membuat
daftar pertanyaan wawancara: Guru membimbing siswa sebelum berkunjungan
dengan membuat daftar pertanyaan wawancara sesuai dengan kisi-kisi. |
Dimensi
2,3 |
Tata krama kunjungan:
Guru dan siswa menetapkan aturan secara bersama- sama apa yang diperbolehkan
dan tidak diperbolehkan selama kunjungan berlangsung. |
Dimensi
1,2 |
Pembagian kelompok:
Guru membagi kelompok kepada siswa yang terdiri dari 2-4 siswa dalam setiap
kelompok dan menjelaskan tugas apa saja yang harus dikerjakan dalam
kelompok. |
Dimensi
2 |
Wawancara: Siswa melakukan wawancara sesuai dengan kisi-sisi yang
sudah dibuat |
Dimensi
2,3 |
Siswa mentaati aturan
yang telah disepakati bersama. |
Dimensi
1,2 |
Menulis laporan:
Bersama dalam kelompok menuliskan hasil wawancara di booklet kerja yang telah
disediakan. |
Dimensi
2,3 |
Guru mengajak siswa untuk mendesain poster dengan
menggunakan data dari hasil wawancara. |
- |
Siswa dalam kelompok mendesain bersama tentang poster
dengan menggunakan data dari hasil wawancara. |
Dimensi 2,3 |
Guru melakukan pengamatan pada masing-masing kelompok tentang
desain yang dibuat oleh siswa |
- |
Masing-masing
kelompok membagikan hasil desainnya dengan kelompok lain. |
Dimensi 2,3 |
Guru
mengarahkan kepada siswa untuk mencatat berbagai hasil desain setiap kelompok. |
Dimensi 2,3 |
Masing-masing
kelompok mempresentasekan hasil desain |
Dimensi 1,2,3 |
Siswa melakukan
tanya jawab dan memberikan feedback secara
lisan untuk siswa dan kelompok dengan feedback
yang membangun. |
Dimensi 1,2,3 |
Guru
sebagai moderator menegaskan kembali hasil capaian yang diperoleh |
- |
Setiap
kelompok menulis opini terkait Menyelamatkan
Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng dengan menggunakan data dari hasil
wawancara, poster, dan hasil diskusi kelompok. |
Dimensi
1,2,3 |
Siswa
mempublikasikan opini Menyelamatkan
Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng di media sosial sebagai kampanye anti Bulliyng. |
Dimensi
1,2,3 |
6. Asesmen: Komponen yang dinilai adalah perencanaan,
pelaksanaan (proses) dan hasil.
7. Pengayaan dan Remedial:
Pengayaan: Peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar
selanjutnya dapat mengikuti
kegiatan pengayaan berupa penguatan 3 dimensi
profil pelajar Pancasila (Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan
Berakhlak Mulia, Bergotong
Royong dan Kreatif) dan pendalaman materi Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui
Pencegahan Perilaku Bulliyng dengan
membaca
rubrik yang disediakan guru.
Remedial: Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diharuskan mengikuti
kegiatan remedial.
8. Refleksi peserta didik dan pendidik: Guru
dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek.
9. Tindak lanjut: Berdasarkan hasil refleksi, guru dan peserta didik
merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan.
C. LAMPIRAN
Lembar Kerja Peserta Didik
1. Penilaian
Profil Pelajar Pancasila (3 Dimensi)
Dimensi 1:
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Rubrik Penilaian:
Berilah tanda centang (√) pada kolom BB, MB,
BSH, SB.
No |
SUB ELEMEN |
TAHAP PERKEMBANGAN |
|||
BB |
MB |
BSH |
SB |
||
Dimensi 1:
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
|
|||||
1. |
Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang
Maha Esa: Memahami
kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya
tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi
sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab. |
|
|
|
|
2.
|
Mengutamakan persamaan dengan
orang lain dan menghargai perbedaan: Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang
orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya.
Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan
konflik atau perdebatan |
|
|
|
|
3.
|
Berempati kepada orang lain: Memahami
perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah
dikenalnya. |
|
|
|
|
Dimensi
2: Bergotong
Royong
|
|||||
1. |
Kerjasama: Menyelaraskan tindakan sendiri dengan
tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja
efektif dan mencapai tujuan bersama. |
|
|
|
|
2. |
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama: Menyelaraskan
tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan
mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada
orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama. |
|
|
|
|
3. |
Saling
ketergantungan positif: Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan
bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masingmasing perlu
dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan. |
|
|
|
|
4. |
Koordinasi Sosial:
Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga
tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama. |
|
|
|
|
5. |
Tanggap terhadap
lingkungan Sosial: Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan
peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. |
|
|
|
|
6. |
Persepsi social:
Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan
reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain
menampilkan respon yang diharapkan. |
|
|
|
|
7. |
Memberi dan
menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama:
Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat
yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal |
|
|
|
|
Dimensi 2:
Kreatif
|
|||||
1. |
Menghubungkan gagasan yang ia miliki
dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru
dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. |
|
|
|
|
2. |
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam
bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan
dampaknya bagi orang lain |
|
|
|
|
3. |
Menghasilkan solusi alternative dengan mengadaptasi berbagai gagasan
dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan. |
|
|
|
|
Keterangan:
BB = Belum Berkembang
MB = Mulai Berkembang
BSH = Berkembang Sesuai Harapan
SB = Sangat Berkembang
2. Penilaian
Product
Rubrik penilaiannya
sebagai berikut:
Nama Kelompok :………………
Anggota :………………
Kelas :………………
Nama Produk :………………
No |
ASPEK |
SKOR (1-5) |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
1 |
Perencanaan |
|
|
|
|
|
Persiapan |
|
|
|
|
|
|
Jenis Produk |
|
|
|
|
|
|
2 |
Tahapan Proses Pembuatan |
|
|
|
|
|
Persiapan Alat dan Bahan |
|
|
|
|
|
|
Teknik Pengolahan |
|
|
|
|
|
|
Kerjasama Kelompok |
|
|
|
|
|
|
3 |
Tahap Akhir |
|
|
|
|
|
Bentuk Penayangan |
|
|
|
|
|
|
Kreatifitas |
|
|
|
|
|
|
Inovasi |
|
|
|
|
|
|
Total Skor |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan penilaian:
Perencanaan:
1 = sangat tidak baik, tidak ada musyawarah dan penentuan produk sesuai topik.
2 = tidak baik, ada musyawarah dan tapi tidak ada penentuan produk sesuai topik.
3 = cukup baik, ada musyawarah tapi tidak diikuti semua anggota kelompok dan ada penentuan produk tapi tidak sesuai topik.
4 = baik, ada musyawarah tapi tidak diikuti semua anggota kelompok dan ada penentuan produk sesuai topik.
5 = sangat baik, ada musyawarah diikuti semua anggota kelompok dan ada penentuan produk sesuai topik.
Tahapan Proses Pembuatan:
1 = sangat tidak baik, tidak ada alat dan bahan, tidak mampu menguasai teknik pengolahan dan tidak ada kerjasama kelompok.
2 = tidak baik, ada alat dan bahan dan tidak mampu menguasai teknik pengolahan dan tidak ada kerjasama kelompok.
3 = cukup baik, ada alat dan bahan dan mampu menguasai teknik pengolahan dan tidak ada kerjasama kelompok.
4 = baik, ada alat dan bahan dan mampu menguasai teknik pengolahan dan ada kerjasama beberapa anggota kelompok.
5 = sangat baik, ada alat dan bahan dan mampu menguasai teknik pengolahan dan ada kerjasama kelompok.
Tahap akhir:
1 = sangat tidak baik, tidak ada produk.
2 = tidak baik, ada produk tapibelum selesai.
3 = cukup baik, ada produk bentuk penayangan proporsional sesuai topik tapi belum ada inovasi dan kreativitas.
4 = baik, ada produk bentuk penayangan proporsional sesuai topik ada kreativitas tapi belum ada inovasi.
5 = sangat baik, ada produk bentuk penayangan proporsional sesuai topik ada kreativitas dan inovasi.
Petunjuk Penskoran :
Perhitungan skor
akhir menggunakan rumus :
Skor Perolehan x 100 = .......
Skor Tertinggi
Bahan
bacaan pendidik dan peserta didik
Glosarium
Daftar
pustaka
Kupang, …………………….. 2022
Mengetahui Kepala Sekolah
Susy Aprijanti, S.Pd NIP. 1972040920023122004 |
Guru Mapel PAI
Abdulchalid
Badarudin, S.Ag, M.PdI NIP.19770416.2009.03.1.005 |
Saran Kepala Sekolah :
............................................... ............................................................................................................
............................................... ............................................................................................................
............................................... ............................................................................................................
............................................... ............................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar