Rabu, 11 Januari 2023

CONTOH MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA BANGUNLAH JIWA RAGANYA

 

 


MODUL PROJEK

PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Bangunlah Jiwa Raganya

(Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas Bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng)

 

Oleh; Abdulchalid Badarudin, S.Ag, M.PdI

GPAI SMP Negeri 4 Kota Kupang 

 

 

 

 

Kelas VII

 

Mapel Kolaborasi Kelas VIIA-VIIK

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 4 KOTA KUPANG

2022

 

 

MODUL PROJEK

PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

 

Tema

:

Bangunlah Jiwa Raganya

Topik Projek

:

Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng

Kolaborasi

:

Kelas VIID-VIIG

 

A. INFORMASI UMUM

 

1. Identitas

:

Mapel Kolaborasi

Nama Institusi

Kelas

Alokasi Waktu 

:

:

:

:

Kelas VIID-VIIG

SMPN 4 Kupang

VII

36 JP

2. Sarana dan Prasarana

:

Berita, artikel, video

3. Target peserta didik

:

Peserta didik pada kelas reguler

4. Relevasi Tema dan Topik Projek:

Bulliyng merupakan sebuah perilaku agresi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang melalui secara sengaja dan berulang dengan tujuan agar orang lain merasa tidak nyaman maupun hingga menimbulkan dampak buruk lain seperti cedera secara psikologis, fisik, dan sosial. Tindakan Bulliyng tersebut jelas bertentangan dengan norma dan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam upaya menghindari perilaku Bulliyng tersebut maka segenap jiwa dan raga siswa harus dibangun melalui penanaman nilai-nilai Pancasila sehingga memengaruhi segenap jiwa, pikiran, perasaan, dan perbuatannya. Dalam rangka menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa tersebut, maka dapat dilakukan kegiatan studi lapangan. Dari kegiatan tersebut siswa dapat mempraktekkan teori-teori yang diperoleh dalam kelas. Selain itu dapat menghayati bagaimana kerja keras dalam menghasilkan suatu produk terkait pencegahan perilaku Bulliyng di lingkungan sekolah.

 

 

B. KOMPONEN INTI

 

1. Deskripsi Singkat Projek:

Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng, menjadi salah projek yang menarik untuk dilakukan sebagai aktivitas pembelajaran berbasis membangun jiwa dan raga siswa untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Projek ini mengikuti tiga tahapan yaitu:

a.       Inspirasi (inspiring): guru dan siswa akan menjalani pengalaman nyata yang berhubungan dengan Pencegahan Perilaku Bulliyng mulai dari kegiatan berinteraksi langsung dengan guru dan teman-teman di kelas yang lain, menggali informasi tentang bahaya/dampak perilaku Bulliyng serta kebutuhan informasi lainnya yang memberikan inspirasi, gambaran dan pemahaman bersama antara guru  dan siswa.

b.       Cipta (creating): guru dan siswa belajar bersama membuat poster tentang Perilaku Bulliyng dan menulis opini terkait Pencegahan Perilaku Bulliyng dimana guru dan siswa berkolaborasi dalam penyusunannya.

c.       Dedikasi: guru dan siswa akan mempresentasikan dalam bentuk karya nyata berupa poster dan opini melalui kegiatan selebrasi dan didedikasikan kepada komunitas yang membutuhkan. Opini tersebut dipublikasikan melalui media sebagai kampanye anti Bulliyng.

 

2. Dimensi dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila:

 

Dimensi

Elemen

Sub Elemen

Dimensi 1:

Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

o  Akhlak beragama

o  Akhlak kepada sesama manusia

a.       Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa: Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.

b.      Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan: Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan.

c.       Berempati kepada orang lain: Memahami perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah dikenalnya.

Dimensi 2: Bergotong Royong

 

o Kolaborasi

o Kepedulian

o Berbagi

 

a.       Kerjasama: Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

b.      Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama: Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

c.       Saling ketergantungan positif: Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masingmasing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan.

d.      Koordinasi Sosial: Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama.

e.       Tanggap terhadap lingkungan Sosial: Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

f.        Persepsi social: Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan.

g.      Memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama: Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal.

 

Dimensi 3:

Kreatif

 

o  Menghasilkan gagasan  yang orisinal

o  Menghasilkan karya  dan tindakan yang Orisinal

o  Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.

 

a.       Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

b.      Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain.

c.       Menghasilkan solusi alternative dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan.

 

3. Tujuan Spesifik Untuk Fase Tersebut:

Melalui projek ini, siswa diharapkan berproses melalui pengalaman belajarnya untuk  mencapai 3 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Bergotong Royong dan Kreatif serta capaian kompetensi pada tema Bangunlah Jiwa Raganya.

 

4. Pertanyaan Pemantik:

o   Apa yang kalian tau tentang perilaku bully?

o   Bagaimana dampak perilaku bully dalam kehidupan?

o   Bagaimana cara menghindari dari perilaku bully?

o   Bagaimana cara kamu mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa?

o   Bagaimana cara kamu mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan?

o   Bagaimana cara kamu berempati kepada orang lain?

o   Bagaimana cara bekerjasama dalam satu kelompok?

o   Hasil karya apa saja yang paling kamu sukai?

o   Kemajuan apa yang paling kamu inginkan dalam merubah dirimu?

 

5. Alur Kegiatan Projek Secara Umum

a. Pengenalan

:

Guru mata pelajaran berkolaborasi untuk:

1)      Mensosialisasikan materi Projek P3 (pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan projek P3).

2)      Memperkenalkan tema projek.

3)      Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek.

b. Kontektualisasi

 

:

Guru mata pelajaran berkolaborasi untuk:

1)      Mengeksplorasi dan menggali materi terkait bagaimana menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa melalui pencegahan perilaku Bulliyng.

2)      Menganalisis nilai-nilai positif bagi sekolah dan masyarakat tentang upaya penyelamatan masa depan generasi emas bangsa melalui pencegahan perilaku Bulliyng.

3)      Melakukan presentasi materi terkait menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa melalui pencegahan perilaku Bulliyng.

4)      Menentukan jenis produk yang akan dikerjakan peserta didik.

Peserta didik:

Melakukan riset secara kelompok mengenai perilaku Bulliyng dan dampaknya, termasuk nilai-nilai positif bagi sekolah dan masyarakat.

 

c. Aksi

 

 

1)      Peserta didik dibawah bimbingan guru menyusun proposal/rencana kegiatan projek.

2)      Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

3)      Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik (di tempat yang disudah disepakati.

4)      Projek dikerjakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

d. Refleksi

 

Guru dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek.

e. Tindak lanjut

 

Berdasarkan hasil refleksi, guru dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan

 

6. Langkah-langkah Kegiatan Projek

Perkenalan

Waktu        : 4 JP

Bahan        : Berita, artikel, video

Peran Guru: Fasilitator

Kegiatan

Aktifitas Mengaitkan P3

Guru menyiapkan beberapa artikel tentang dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila terkait tema dan topik yang akan dipelajari

-

Guru menyiapkan beberapa artikel tentang tema dan topik yang akan dipelajari.

-

Guru memperkenalkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan projek P3).

Dimensi 1,2,3

 

Guru memperkenalkan tema projek.

Guru memperkenalkan dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila terkait tema dan topik yang akan dipelajari.

Guru memberikan penguatan tentang dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila terkait tema dan topik yang akan dipelajari

Guru memperkenalkan tema Bangunlah Jiwa Raganya dan topik Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng

Guru memulai dengan menanyakan kepada siswa apa yang mereka ketahui tentang Perilaku Bulliyng. Beberapa pertanyaan pemantik yang dapat diberikan: (a) Apa yang kalian tau tentang Perilaku Bulliyng? (b) apa dampak buruk dari Perilaku Bulliyng

Dimensi 1

Guru mengajak siswa untuk mencari informasi melalui google dengan kata kunci Perilaku Bulliyng.

Dimensi 3

Guru membagi siswa kedalam kelompok untuk berdiskusi bersama.

Dimensi 2

Siswa dalam kelompok berdiskusi dan menuliskan tentang informasi yang ia dapatkan tentang Perilaku Bulliyng.

Dimensi 1,2,3

Siswa dalam kelompok berdiskusi dan menuliskan tentang nilai-nilai Pancasila dalam  mencegah Perilaku Bulliyng

Dimensi 1,2,3

Guru memberikan penguatan

Dimensi 1,2,3

Refleksi

-

Remedial bila diperlukan

-

Penutup

-

 

 

Kontekstualisasi

Waktu        : 14 JP

Bahan        : Berita, artikel, video

Peran Guru: Fasilitator

 

Kegiatan

Aktifitas Mengaitkan P3

Guru mengeksplorasi dan menggali materi terkait bagaimana menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa melalui pencegahan perilaku Bulliyng.

-

Melakukan presentasi materi terkait menyelamatkan masa depan generasi emas bangsa melalui pencegahan perilaku Bulliyng.

Dimensi 1,2,3

 

 

 

 

Aksi

Waktu        : 18 JP

Bahan        : Berita, artikel, video

Peran Guru: Fasilitator

 

Kegiatan

Aktifitas Mengaitkan P3

Guru mempersiapkan jadwal kunjungan ke seluruh siswa di kelas lain untuk melakukan wawancara terkait perilaku Bulliyng.

-

Guru bersama siswa membuat daftar pertanyaan wawancara: Guru membimbing siswa sebelum berkunjungan dengan membuat daftar pertanyaan wawancara sesuai dengan kisi-kisi.

Dimensi 2,3

Tata krama kunjungan: Guru dan siswa menetapkan aturan secara bersama- sama apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan selama kunjungan berlangsung.

Dimensi 1,2

Pembagian kelompok: Guru membagi kelompok kepada siswa yang terdiri dari 2-4 siswa dalam setiap kelompok dan menjelaskan tugas apa saja yang harus dikerjakan dalam kelompok. 

Dimensi 2

Wawancara: Siswa melakukan wawancara sesuai dengan kisi-sisi yang sudah dibuat

Dimensi 2,3

Siswa mentaati aturan yang telah disepakati bersama.

Dimensi 1,2

Menulis laporan: Bersama dalam kelompok menuliskan hasil wawancara di booklet kerja yang telah disediakan.

Dimensi 2,3

Guru mengajak siswa untuk mendesain poster dengan menggunakan data dari hasil wawancara.

-

Siswa dalam kelompok mendesain bersama tentang poster dengan menggunakan data dari hasil wawancara.

Dimensi 2,3

Guru melakukan pengamatan pada masing-masing kelompok tentang desain yang dibuat oleh siswa

-

Masing-masing kelompok membagikan hasil desainnya dengan kelompok lain.

Dimensi 2,3

Guru mengarahkan kepada siswa untuk mencatat berbagai hasil desain setiap kelompok.

Dimensi 2,3

Masing-masing kelompok mempresentasekan hasil desain

Dimensi 1,2,3

Siswa melakukan tanya jawab dan memberikan feedback secara lisan untuk siswa dan kelompok dengan feedback yang membangun.

Dimensi 1,2,3

Guru sebagai moderator menegaskan kembali hasil capaian yang diperoleh

-

Setiap kelompok menulis opini terkait Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng dengan menggunakan data dari hasil wawancara, poster, dan hasil diskusi kelompok.

Dimensi 1,2,3

Siswa mempublikasikan opini Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng di media sosial sebagai kampanye anti Bulliyng.

Dimensi 1,2,3

 

6. Asesmen: Komponen yang dinilai adalah perencanaan, pelaksanaan (proses) dan hasil.

 

7. Pengayaan dan Remedial:

Pengayaan: Peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar selanjutnya dapat mengikuti kegiatan pengayaan berupa penguatan 3 dimensi profil pelajar Pancasila (Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Bergotong Royong dan Kreatif) dan pendalaman materi Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas bangsa Melalui Pencegahan Perilaku Bulliyng dengan membaca rubrik yang disediakan guru.

Remedial: Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diharuskan mengikuti kegiatan remedial.

8. Refleksi peserta didik dan pendidik: Guru dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek.

 

9. Tindak lanjut: Berdasarkan hasil refleksi, guru dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan.

 

C. LAMPIRAN

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

1.      Penilaian Profil Pelajar Pancasila (3 Dimensi)

 

Dimensi 1: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Rubrik Penilaian:

Berilah tanda centang (√) pada kolom BB, MB, BSH, SB.

 

 

No

 

SUB ELEMEN

TAHAP PERKEMBANGAN

BB

MB

BSH

SB

 

Dimensi 1: Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

 

1.

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa: Memahami kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan pemahamannya tentang kualitas atau sifat-sifat Tuhan dengan konsep peran manusia di bumi sebagai makhluk Tuhan yang bertanggung jawab.

 

 

 

 

2.

Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan: Mengenal perspektif dan emosi/perasaan dari sudut pandang orang atau kelompok lain yang tidak pernah dijumpai atau dikenalnya. Mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan

 

 

 

 

3.

Berempati kepada orang lain: Memahami perasaan dan sudut pandang orang dan/atau kelompok lain yang tidak pernah dikenalnya.

 

 

 

 

 

Dimensi 2: Bergotong Royong

 

1.

Kerjasama: Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

 

 

 

 

2.

Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama: Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

 

 

 

 

3.

Saling ketergantungan positif: Mendemonstrasikan kegiatan kelompok yang menunjukkan bahwa anggota kelompok dengan kelebihan dan kekurangannya masingmasing perlu dan dapat saling membantu memenuhi kebutuhan.

 

 

 

 

4.

Koordinasi Sosial: Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama.

 

 

 

 

5.

Tanggap terhadap lingkungan Sosial: Tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

 

 

 

6.

Persepsi social: Menggunakan pengetahuan tentang sebab dan alasan orang lain menampilkan reaksi tertentu untuk menentukan tindakan yang tepat agar orang lain menampilkan respon yang diharapkan.

 

 

 

 

7.

Memberi dan menerima segala hal yang penting bagi kehidupan pribadi dan bersama: Mengupayakan memberi hal yang dianggap penting dan berharga kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan di sekitar tempat tinggal

 

 

 

 

 

Dimensi 2: Kreatif

 

1.

Menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

 

 

 

 

2.

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain

 

 

 

 

3.

Menghasilkan solusi alternative dengan mengadaptasi berbagai gagasan dan umpan balik untuk menghadapi situasi dan permasalahan.

 

 

 

 

 

Keterangan:

BB      = Belum Berkembang

MB      = Mulai Berkembang

BSH    = Berkembang Sesuai Harapan

SB       = Sangat Berkembang

 

2.      Penilaian Product

 

Rubrik penilaiannya sebagai berikut:

Nama Kelompok         :………………

Anggota                      :………………

Kelas                           :………………

Nama Produk             :………………

 

No

ASPEK

SKOR (1-5)

1

2

3

4

5

1

Perencanaan

 

 

 

 

 

Persiapan

 

 

 

 

 

Jenis Produk

 

 

 

 

 

2

Tahapan Proses Pembuatan

 

 

 

 

 

Persiapan Alat dan Bahan

 

 

 

 

 

Teknik Pengolahan

 

 

 

 

 

Kerjasama Kelompok

 

 

 

 

 

3

Tahap Akhir

 

 

 

 

 

Bentuk Penayangan

 

 

 

 

 

Kreatifitas

 

 

 

 

 

Inovasi

 

 

 

 

 

Total Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan penilaian:

 

Perencanaan:

1 = sangat tidak baik, tidak ada musyawarah dan penentuan produk sesuai topik.

2 = tidak baik, ada musyawarah dan tapi tidak ada penentuan produk sesuai topik.

3 = cukup baik, ada musyawarah tapi tidak diikuti semua anggota kelompok dan ada penentuan produk tapi tidak sesuai topik.

4 = baik, ada musyawarah tapi tidak diikuti semua anggota kelompok dan ada penentuan produk sesuai topik.

5 = sangat baik, ada musyawarah diikuti semua anggota kelompok dan ada penentuan produk sesuai topik.

 

Tahapan Proses Pembuatan:

1 = sangat tidak baik, tidak ada alat dan bahan, tidak mampu menguasai teknik pengolahan dan tidak ada kerjasama kelompok.

2 = tidak baik, ada alat dan bahan dan tidak mampu menguasai teknik pengolahan dan tidak ada kerjasama kelompok.

3 = cukup baik, ada alat dan bahan dan mampu menguasai teknik pengolahan dan tidak ada kerjasama kelompok.

4 = baik, ada alat dan bahan dan mampu menguasai teknik pengolahan dan ada kerjasama beberapa anggota kelompok.

5 = sangat baik, ada alat dan bahan dan mampu menguasai teknik pengolahan dan ada kerjasama kelompok.

 

Tahap akhir:

1 = sangat tidak baik, tidak ada produk.

2 = tidak baik, ada produk tapibelum selesai.

3 = cukup baik, ada produk bentuk penayangan proporsional sesuai topik tapi belum ada inovasi dan kreativitas.

4 = baik, ada produk bentuk penayangan proporsional sesuai topik ada kreativitas tapi belum ada inovasi.

5 = sangat baik, ada produk bentuk penayangan proporsional sesuai topik ada kreativitas dan inovasi.

 

Petunjuk Penskoran :

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Skor Perolehan x 100 = .......

Skor Tertinggi

 

Bahan bacaan pendidik dan peserta didik

Glosarium

Daftar pustaka

 

Kupang, …………………….. 2022

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Susy Aprijanti, S.Pd

NIP. 1972040920023122004

Guru Mapel PAI

 

 

 

Abdulchalid Badarudin, S.Ag, M.PdI

NIP.19770416.2009.03.1.005

 

Saran Kepala Sekolah :

............................................... ............................................................................................................

............................................... ............................................................................................................

............................................... ............................................................................................................

............................................... ............................................................................................................

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar